Saturday, December 31, 2011

Tour de History Part II

amici buona notte!! 
sesuai janji yang kemaren gue berniat buat melanjutkan cerita gue nih.. langsung aja yah gan..
       jadi kemaren, setelah menyelesaikan perjalanan kita di Museum Bank Indonesia yang kece abis, gue and the gank sok-sok kelaparan dan mencari secercah harapan untuk melanjutkan hidup kita di tengah teriknya kota Jakarta pada saat itu. gue jajan cireng isi yang rasanya lumayan karena emang lagi laper hahaha

third destination: Kawasan Kota Tua
setelah sempet salah jalan, akhirnya menuju kawasan kota tua dengan berjalan kaki, gak terlalu jauh sih hehe sampe disana kita langsung dengan membabi butanya mengisi perut masing-masing, nggak "babi-buta" juga sih, kita kan manusia, dan kita pun gak buta, sungguh kiasan yang salah :')
       selesai makan dan kenyang banget kita melaksanakan kewajiban kita sebagai muslim dan istirahat juga dan ke toilet juga dan berleha-leha juga karena emang waktu itu panas banget, jadi kita sok-sok mau melanjutkan petualangan setelah matahari sedikit bergeser ke arah barat.. (buat yang kurang mengerti maksud hati gue.. :') yang gue maksud itu: pas udah agak sorean. hahaha bahasa gampangnya sih gitu :p)

       setelah merasa cukup dengan berleha-lehanya, kita jalan ke depan Museum Fatahillah sekalian menetukan tempat mana lagi yang akan kita kunjungi terlebih dahulu.. eh di depan Museum Fatahillah kita ketemu sesuatu... diabadikan dulu deh momen-momen berharga dalam hidup kita :')
       iyaaaaa maksudnya momen-momen berharga dalam hidup kita adalah kita ketemu Sponge Bob unyu

fourth destination: Museum Wayang
Museum Fatahillah rame banget, banyak banget orang-orang yang juga pada lagi berkunjung ke Museum Fatahillah, jadinya kita mampir dulu ke Museum Wayang. pertamanya gue udah excited banget, eh tapi kenapa yang dipajang kayak punya semua ya di rumah? aaaah, udah biasa ngeliat punya papa di rumah jadi udh gak terlalu excited lagi huhu (ihhh sombong-_-maaf friends) lagian gedungnya juga sedang dalam tahap setengah renovasi, jadinya kurang mantep dan hawanya lumayan gak enak juga huhu jadinya gue males dan gak berniat mengabadikan apapun huhu

fifth destination: Tour de History; Pelabuhan Sunda Kelapa 
       Museum Fatahillah rame banget. ngeliat orang banyak banget udah males banget, oleh karena itu kita mau sewa sepeda dan tour ke museum-museum dan tempat bersejarah yang ada di daerah JakUt! lagian juga udah gak terlalu terik lagi.
       dan karenanya lagi oh karena.. jumlah gue and the gank jumlahnya ganjil, jadi harus ada yang naik sepeda sendiri dan itu gue....
#nowplaying All By Myself .....
        setelah menempuh perjalanan kurang lebih gak tau berapa menit (hahahah-_-) akhirnya
kita sampai di Pelabuhan Sunda Kelapa!! sebelum bergegas, kita orang narsis dulu yak :')
#nowplaying We Are The Champion
akhirnya sampai di first destination dengan menggunakan sepeda! 
 
 
 
            3 foto terakhir ini, foto kita di atas Kapal Pinisi. naik ke Kapal Pinisi ini butuh perjuangan banget loh, mulai dari naik ke Kapal nya cuma pake sebatang kayu besar (gak lebar tapi gak terlalu kecil juga) yang lumayan terjal. Dan kita, cewekers sudah dapat dipastikan gak ada satupun yang berani naik. bener-bener gak ada pegangan dan lumayan terjal, kayunya juga gak lebar huhu berkat pertolongan cowokers akhirnya kita, cewekers berhasil naik dengan selamat, sehat, sentausa, sejahtera, adil dan makmur ke atas kapal. Alhamdulillah~
             setelah puas foto-foto dan menikmati pemandangan Pelabuhan Sunda Kelapa kita kembali melanjutkan Tourrrrrr

sixth destination: Museum Bahari
             dari Pelabuhan Sunda Kelapa ke Museum Bahari gak terlalu jauh. dan dalam perjalanan pendek tapi menegangkan itu gue sempet ketinggalan rombongan ketika yang lainnya udah pada nyebrang ke sebrang jalan huhu waktu itu sepeda gue kebetulan ada diurutan paling belakang rombongan gara-gara jalan raya di daerah Pelabuhan Sunda Kelapa banyak tronton huhuhu meskipun deg-degan tapi peninggalan sejarah di Museum Bahari lumayan menghilangkan rasa traumatis gue akan jalanan hahaha
design nya yang kuno dan Belanda banget, dan tour guide kita menyarankan kita buat sok-sok foto "suasana ruangan" hahaha
             setelah foto-foto kita lanjut lagi muterin museum bahari, banyak banget benda-benda kuno yang dipamerin disini. mulai dari miniatur kapal-kapal dari Indonesia dan Belanda, juga ada Kapal Asli Indonesia yang bener-bener asli juga dipajang disini. dan kita pun kembali berfoto ria !! kapal yang foto bareng kita ini kapal asli dari Papua. dibuat cuma dari sebatang pohon yang gede banget dan tanpa sambungan sama sekali.. makanya bentuknya cuma bulet doang tengahnya hehe.

       disini juga dipajang binatang-binatang laut kayak penyu dan juga ada Dugong asli yang diawetkan dipajang dimuseum ini hahaha karena waktu udah sore jadinya kita memutuskan untuk solat Ashar di mushola yang ada di Museum Bahari ini hehe setelah selesai kita langsung cabs lagi ke tempat selanjutnya..

seventh destination: Jembatan Merah
       sebenernya sih gue lupa itu jembatan namanya apa, tapi karena warnanya merah jadinya gue sebut jembatan merah ahahaha (semoga aja karangan gue bener)
       waktu di Museum Bahari tadi, kamera gue udah keburu mati, jadi pas kesini foto-fotonya pake dslr-nya Oliv dan saat entry ini diterbitkan gue belom copy foto-fotonya dari Oliv hahah maaf ya guys :p

eighth destination: Toko Merah (hi........)
Toko Merah ini katanya dulu, tempat pembantaian orang-orang Tionghoa oleh pihak Belanda. Bangunannya padahal lumayan keren kalo menurut gue, cuma sayang aja gak keurus. soalnya udah sekian ratus tahun gak pernah dipakai, katanya bangunannya berhantu gitu hahaha serem ya-_-
          setelah jalan-jalan yang menyenangkan, tiba saatnya kita kembali ke daerah Kota Tua dan membayar semua ongkos sepeda dan tour guide hahahaha

padahal kita selesai tour-nya udah sore banget, tapi anak-anak pada belom mau pulang katanya. alhasil kita ngobrol-ngobrol dulu di kota tua buat ngomongin next destination dadakan hahaha yaudah kita jalan ke halte busway dan berencana buat maghriban di Masjid Istiqlal hahaha gaya banget yah udah kaya bolang-_- eh pas kita mau ke halte busway, beberapa menit lagi udah mau adzan maghrib. lagian ini kan jam orang pulang kerja, bisa ketinggalan maghrib kalo terlalu lama di jalan, akhirnya kita sholat di bawah halte busway Stasiun Kota hahaha (kedengeran miris ya, kayak sholat dikolong jembatan gitu-_- tapi nggak kok, emg di stasiun kota, kl mau naik busway, kita lewat jalan bawah tanah) hahahaha yaudah deh etelah sholat kita pulang ke Tamgerang karena pada mau makan di Pasar Lama aja. gue gak ikut karena udah lumayan malem buat cewek seimut gue ahahaha ;;)

Terima Kasih banyak ya Fajar, Didan, Ardo, Huntul, Olivia, Natasha, Nyimas dan Arum buat perjalanan kembali ke masa lalu yang sangat menyenangkan dan memberikan pengalaman yang baru hahaha bagian mana yang merupakan kesukaanmu? oh aku juga suka itu.. (dora style) ;;)
Pelaku-pelaku Tour de History
oh iya buat temen-temen yang berencana buat mengadakan Tour de History dan pengen tahu biaya akomondasi nya hahaha (apasih) kalo pas kemaren gue pergi, kira-kira 
Busway                            : Rp 7.000,- (pp)
Museum Mandiri                : gratis
Museum Bank Indonesia     : gratis
Museum Wayang               : Rp 2.000,-
Sewa sepeda                   : Rp 10.000,-/sepeda
Tour Guide                      : Rp 30.000,- (+sepeda tour guide)
Pelabuhan Sunda Kelapa    : Rp 6.000,-
Museum Bahari                 : Rp 2.000,-
Jembatan Merah              : seikhlasnya (buat pedagang/penduduk sekitar kayaknya)

untuk sarapan, makan siang, makan malem, dan cemilan itu ditanggung oleh perut masihng-masing ya, tergantung pada makan apa hahaha tapi pas kemaren gue makan di daerah Museum Fatahillah harga makanannya sekitar Rp 8.000,- sampe Rp 20.000,-an kali ya, ya maklum aja kantong pelajar jadi yg murah aja belinya hahaha kalo kemaren gue minumnya beli air mineral harganya Rp 4.000,- (yang ukuran tanggung)

      hahaha udahan dulu yaaaaaaaaaaaaaaaah, makasih banyak semuaaaaaa
sincerely, Ela Amna.. :D

2 comments:

  1. I Looooove It! :D seru banget ya, pengen lagi :')

    ReplyDelete
  2. ololo ahaha ayok jalan-jalan lagi :p

    ReplyDelete